Proses mencari pekerjaan adalah masa paling mendebarkan sekaligus melelahkan. Banyak tenaga, waktu dan biaya yang terbuang saat melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Tapi keadaan ini dapat berubah dengan adanya e-mail sebagai salah satu alternatif cara mengirimkan surat lamaran.
Cara ini relatif lebih hemat tenaga, waktu dan biaya serta cepat sampai di tangan perusahaan yang dimaksud. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan saat ingin mengirimkan lamaran kerja melalui e-mail :
- Ada dua cara mengirimkan lamaran melalui e-mail, yaitu dengan attachment atau menggunakan kotak pesan yang tersedia. Akan lebih terlihat profesional bila Anda mengirimkan resume melalui attachment atau dalam bentuk PDF file. Kecuali bila perusahaan yang dituju menginginkan cara biasa menggunakan kotak e-mail yang tersedia.
- Tulislah bidang pekerjaan atau kode pekerjaan (bila ada) yang Anda inginkan di subyek e-mail.
- Sebaiknya bagian pengantar surat lamaran kerja ditulis di bagian kotak e-mail. Sedangkan bagian curriculum vitae berikut ijazah dan sertifikat dapat Anda lampirkan dalam bentuk attachment. Tulislah semenarik mungkin bagian pengantar ini, agar penerima lamaran tertarik untuk mengetahui Anda lebih lanjut dengan membuka attachment yang telah dikirim.
- Seperti halnya surat pengantar pada surat lamaran kerja biasa, sebaiknya bagian pengantar tak perlu terlalu panjang. Cukup menjelaskan kecocokan kualifikasi Anda secara umum dengan pekerjaan yang diinginkan.
- Sebaiknya ijazah dan sertifikat Anda telah di-scan terlebih dahulu agar dapat diikutsertakan dalam surat lamaran ini. Sedikit banyak kelengkapan dokumen Anda menjadi salah satu nilai plus sehingga panggilan kerja pun lebih cepat datang.
- Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja yang dimaksud, sebaiknya Anda melalukan percobaan dengan mengirimkan surat tersebut ke alamat e-mail teman yang memiliki tipe e-mail berbeda. Hal ini untuk mengetahui apakah email yang Anda kirim akan terlihat sama di tangan penerima. Periksalah bila terjadi perbedaan dengan draf e-mail yang Anda miliki. Bila tidak terjadi perbedaan, silakan teruskan ke alamat e-mail perusahaan yang dimaksud.
Pada umumnya format penulisan curriculum vitae menggunakan banyak fitur huruf seperti tanda strip, huruf italic atau bold yang belum tentu terlihat sama pada sistem komputer perusahaan penerima. Untuk itu Anda dapat menyimpan file ke dalam bentuk ASCII, Text Only, DOS Text, atau HTML. (ADT)
[from problema-sekretaris@yahoogroups.com]
Cara ini relatif lebih hemat tenaga, waktu dan biaya serta cepat sampai di tangan perusahaan yang dimaksud. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan saat ingin mengirimkan lamaran kerja melalui e-mail :
- Ada dua cara mengirimkan lamaran melalui e-mail, yaitu dengan attachment atau menggunakan kotak pesan yang tersedia. Akan lebih terlihat profesional bila Anda mengirimkan resume melalui attachment atau dalam bentuk PDF file. Kecuali bila perusahaan yang dituju menginginkan cara biasa menggunakan kotak e-mail yang tersedia.
- Tulislah bidang pekerjaan atau kode pekerjaan (bila ada) yang Anda inginkan di subyek e-mail.
- Sebaiknya bagian pengantar surat lamaran kerja ditulis di bagian kotak e-mail. Sedangkan bagian curriculum vitae berikut ijazah dan sertifikat dapat Anda lampirkan dalam bentuk attachment. Tulislah semenarik mungkin bagian pengantar ini, agar penerima lamaran tertarik untuk mengetahui Anda lebih lanjut dengan membuka attachment yang telah dikirim.
- Seperti halnya surat pengantar pada surat lamaran kerja biasa, sebaiknya bagian pengantar tak perlu terlalu panjang. Cukup menjelaskan kecocokan kualifikasi Anda secara umum dengan pekerjaan yang diinginkan.
- Sebaiknya ijazah dan sertifikat Anda telah di-scan terlebih dahulu agar dapat diikutsertakan dalam surat lamaran ini. Sedikit banyak kelengkapan dokumen Anda menjadi salah satu nilai plus sehingga panggilan kerja pun lebih cepat datang.
- Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja yang dimaksud, sebaiknya Anda melalukan percobaan dengan mengirimkan surat tersebut ke alamat e-mail teman yang memiliki tipe e-mail berbeda. Hal ini untuk mengetahui apakah email yang Anda kirim akan terlihat sama di tangan penerima. Periksalah bila terjadi perbedaan dengan draf e-mail yang Anda miliki. Bila tidak terjadi perbedaan, silakan teruskan ke alamat e-mail perusahaan yang dimaksud.
Pada umumnya format penulisan curriculum vitae menggunakan banyak fitur huruf seperti tanda strip, huruf italic atau bold yang belum tentu terlihat sama pada sistem komputer perusahaan penerima. Untuk itu Anda dapat menyimpan file ke dalam bentuk ASCII, Text Only, DOS Text, atau HTML. (ADT)
[from problema-sekretaris@yahoogroups.com]
0 comments:
Post a Comment